Kuliah di Prancis

11/07/2015 02:53:00 AM tridiyanti's 504 Comments

Haiiii !!! 

Kali ini gue mau coba kilas balik lagi tentang kuliah di Prancis. Setelah lebih dari 4.5 tahun merantau negri Napoleon, ada segudang cerita dan pengalaman yang mungkin aja berguna untuk kalian. 

Info tentang study di Prancis ini pernah aku tulis di blog sebelumnya di : francepournous.blogspot.com 
Biar sekarang lebih rapi, nih aku coba bantu copas disini ya. 

ohya, ini juga baru aku perbaruhi, aku coba untuk menuliskannya lebih rapi dan semua infonya aku coba tulis di page yang sama. biar kalian juga ga bingung. 
Untuk informasi lain mengenai kuliah di Prancis, bisa pilih label "Study in French" di kolom kanan.

Selamat membaca ! 

Gimana Systemnya ?

Oke aku bakal ngejelasin gimana sistem masuk, les bahasa prancis dan sistem kuliah di sana :)

Seleksi Universitas

Jadi sleksi Univ Prancis itu ga berdasarkan tes tertulis mata pelajaran, tapi sleksinya hampir mirip dengan kita melamar kerja. Seleksi berkas-berkas dan wawancara.

Dokumen utama yang diperlukan :  CV, surat motivasi, ijazah, transkrip nilai dan sertifikat kemampuan bahasa Prancis sampai level DELF B2.
Jika programnya kuliah dalam bahasa Prancis, maka kamu WAJIB melampirkan DELF B2.
Jika program kuliahnya dalam bahasa Inggris, cukup melampirkan IELTS / TOEFL dengan score yang diminta oleh kampus. 
Manun, kebanyakan univ negeri untuk S1 masih menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa pengantarnya. 

Jadi, yang terpenting kita bisa bahasa prancis, karena univ public di sana hampir semuanya menggunakan bahasa prancis *kecuali univ prive (univ swasta).
Untuk bisa keterima di univ prancis, biasanya pihak univ memberikan standart level bahasa untuk pelajar asing . Standart nya B2 . namanya DELF B2
kalo di Inggris ada test bahasa yang namanya TOEFL atau EILTS, kalo di Prancis ada DELF dan test TCF. kalian bisa ikut test DEFL atau TCF yan penting kalian bisa dapet serfitikat sampe level B2.
kalian ga usang pusing dengan berapa nilai DELF dan TCF kalian. orang Prancis ga peduli sama jumlah score kalian, asal kalian udah dapet srtifikat itu *walaupun nilainya pas-pasan gapapa asal kalian lulus !

Pendaftaran universitas negeri untuk program S1 atau S2 harus mengikuti prosedur yang namanya CEF atau Etudes en France.  

Untuk Program S1 / Licence dimulai disetiap 15 Januari - 20 Januari setiap tahunnya. Dan mulai masuk keliah di bulan September.
Untuk Program S1 lanjutan (D3 ke S1), S2, dimulai 1 Januari - 20 Maret setiap tahunnya. Masuk juga di September.

Kuliah di Prancis untuk D3 selama 2 tahun, S1 selama 3 tahun, S2 selama 2 tahun . Jadi untuk tamat samapi S2 kalian hanya butuh waktu 5 tahun !
Beda dengan S1 di Indonesia yang minimal 3,5 tahun. gara-gara skripsi dan lain hal bisa jadi 4 tahun. belum mau lanjut s2,  makin lama deh ! hehhe

Biaya Kuliah ?

Jangan takut, biaya kuliah di Prancis jauh lebih murah atau gak jauh beda sama biaya kuliah di Indonesia. Hampir semua biaya kuliah untuk tingkat S1, S2 dan doctorat di tanggung oleh pemerintah Prancis. kita punya hak yang sama dengan mahaswa asli prancis. kita hanya perlu bayar ..... 

2,4 juta - 8 juta (tergantung kurs saat itu, tapi yang jerlas berkisar 200-500€) PER TAHUN bahkan GRATIS !

*Informasi Terbaru* 
Keputusan pemerintah Prancis pada 19 November 2018 bawah ada perubahan uang sekolah untuk mahasiswa Non Eropean 

Pemerintah Prancis tidak lagi menanggung 90% biaya kuliah, namun sekarang hanya 2/3 dari biaya yang dibutuhkan. 
Artinya mahasiswa akan membayar 1/3 dari sisanya. 
Program S1 = 2770 euro / tahun 
Program S2 dan S3 = 3770 euro / tahun 

Jumlah bayaran tergantung kita dapet di kota mana, semakin besar kota maka semakin besar jumlah nominalnya. Tapi ga akan lebih dari 8jt pertahun (tergantung kurs saat itu) *untuk biaya universitas*
Kita juga ga akan nambah-nambah uang ujian, pratkek dll. semua udah di bayar setiap tahunnya !
Jumlah itu sangat-sangat murah untuk ukuran kuliah di luar negri ! terlebih diwilayah Eropa :)
dan pengalaman pribadi, univ gue bener-bener GRATIS tanpa ada uang bayaran pertahunnya . heheh.

Kalo kita udah dapet univ di sana kita juga akan dapet banyak potongan harga / subsidi dengan hanya menunjukan kartu pelajar kita. Jadi pemerintah Prancis punya dana yang cukup besar untuk kesejahteraan Mahasiswanya. Misalnya aja :

- kalian bisa makan murah dan sepuasnya di kantin universitas sekitar 3€ paket lengkap makanan 4sehat 5sempurna 6kekenyangan (subsidi makan di kantin univ negeri, di swasta ga ada ya :p)

- Dapet potongan harga untuk tiket metro *alat transportasi di sana* Misalnya paris, 1 tahun kita mesti bayar 350€ untuk 12 bulan, untuk SEMUA alat transportasi di île-deFrance dari zona 1-5, SEPUASNYA! atau sekitar 35euro per bulan. 

- potongan harga di beberapa restaurant, cinema, tempat tinggal dll. Cth : dengan paket 20€ bisa nonton film di bioskon SEPUASNYA setiap bulannya :D

Nah kalo untuk biaya Univ pasti enggak keberatan kan ?

Kalo untuk biaya, kalian hanya berfikir untuk biaya hidup aja. Soalnya pemerintah prancis enggak menyediakan dana subsidi untuk biaya hidup. Jadi semua biaya hidup di anggung oleh masing-masing mahasiswa,
kalo nanya berapa biaya hidup ? ga bisa di ukur pasti, tergantung dari pribadi kalian masing-masing. Kalian bisa hemat atau boros. Dan tergantung kota mana yang kalian dapet nanti.
Sebagai gambaran, kalau di Paris kalian minimal banget harus nyediain 600€/bulan, yaaa 700€ paling, tergantung dapet appartment yg harga berapa. tapi kalau diluar kota... harganya pasti bisa dibawah Paris. tapi inget ya, bener-bener harus sesuai pribadi masing-masing !

Dan jangan takut, semua ada solusinya :)
kalian bisa kerja part-time di beberapa restaurant seperti Mcd, KFC, Quick, Subway, all . Atau toko duty free seperti Paris Look atau Benlux Paris. Atau bisa jadi tour guide kaya saya hehehe. 
Atau bahkan kalian bisa ajukan Beasiswa Unggulan yang di adakan oleh Dirjen Perguruan Tinggi atau dinas pendidikan Indonesia (semoga masih berlaku ya). 
Persyaratan dan ketentuannya bisa dilihat di sini http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/


Tempat Tinggal ?

Trus untuk masalah tempat tinggal di sana.
Kalian banyak pilihan kalo udah dapet univ di sana. Kalian bisa tinggal di asrama univ, apartemen, atau studio (kos-kosan).
Banyak univ yang menyediakan asrama, lebih murah dan dekat dengan univ, tapi daya tampung terbatas, jadi mesti rebutan sama mahasiswa lain.

Gimana cara nyari tempat tinggal ?

Kalian ga usah khawatir, semua urusan tempat tinggal bakal di bantuin cari sama pihak Campus France. Tapi bukan berarti kita tinggal ongkang-ongkang kaki lalu dapet ya, kita harus cari sendiri ! tapi bisa konsultasi sama Campus France. Kita akan diberangkatkan kalo semua urusan visa dan tempat tinggal udah kelar. Jadi pas sampe sana, kalian ga perlu ribet cari tempat tinggal lagi.

Atau bisa langsung cari di crous.fr atau lokaviz.fr dll atau bisa search di google "Foyer Jeune Travailler ... (kota di tuju) ex : Foyer Jeune Travaille Paris .

Dan untuk biaya tempat tingal, jangan khawatir, lagi lagi pemerintah perancis punya solusinya .
Biaya tempat tinggal kita akan dibantu oleh pihak pemerintah Prancis. Tapi sebelumnya kita harus mengajukan permohonan bantuan pada pihak CAF . keterangan lebih lanjut bisa di buka di : www.caf.fr
di beberapa kota, bantuan CAF bisa sampai 30-50% dari biaya total sewa kamar ! lumayan banget kan.


Untuk cara belajara bahasa Prancis ?

Campus France bekerja sama langsung dengan Institut Francais d'Indonesie (IFI)
IFI itu lembaha bahasa Prancis. bisa di cek di : http://www.ifi-id.com/ atau via twitter di @IFI_Indonesia
adanya di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta 

kalian bisa belajar bahasa Prancis di IFI
biayanya cukup terjangkau kok, 3,9jt + buku untuk 2 bulan.
untuk bisa sampai level B2 seenggaknya kalian harus belajar 4 buku (5 level) dalam 8 bulan
jadi tinggal itung aja, 3.9 x 5 = 19.5 jt++
jadi modal awal kalian 19,5jt untuk bisa skolah di prancis !

Eits, bahkan sekarang ada program super intensif yang bisa B2 dalam waktu 7 bulan ! kelas  "super intensif" waktu belajarnya 6jam perhari. Dari jam 8 pagi sampe jam 3 sore . bisa selesai buku B2 dalam waktu 7 bulan. programnya dari bulan Mei-November setiap tahunnya. Tapi harganya agak lebih tinggi dari intensif, mungkin sekitar 20jt ++.

Jumlah yang cukup murah dibandingkan biaya masuk univ di Indonesia yang bisa sampe 50jt ke atas.
Dan di IFI kita udah kaya keluarga banget, kegiatannya ga cuma belajar ada banyak kegiatan seru lainnya yang berhubungan dengan Perancis. Kita juga bisa ketemu temen-temen baru yang satu perjuangan yang bakal jaadi keluarga baru kita nanti di Perancis :)

Bagi kalian yang ga punya keluarga di Jakarta, kalian bisa ngekos deket IFI
*IFI dan CF 1 bangunan, jadi setiap hari bisa konsul dan cari info.
lebih bagus kalian ambil di IFI Jakarta yang di kawasan Sarinah (samping sarinah banget) gabung sama kedutaan Prancis, karena disana pusatnya (banyak kegiatan). Di deket sana juga banyak kos-kosan,

Saran aku, kalo kalian emang berminat untuk ke Prancis, belajar lah bahasa Prancis dari sekarang. Kalo kalian emang serius mending langsung belajar bahasa prancis di wilayah/kota kalian masing-masing. Misalnya yang di Palembang, kalian bisa nyari guru prifat atau bareng-bareng buka kelas baru di lembaga bahasa UNSRI.
Jadi kalian bisa hemat waktu, pas kalian dateng ke Jakarta *abis UN atau abis pengumuman kelulusan* kalian udah bisa masuk level tingkat 2 atau tingkat lanjut.
Sebaiknya kalian mulai cicil belajar bahasa Prancis. Soalanya belajar bahasa itu bukan kaya belajar MTK atau biologi yang bisa dihafal atau ada rumusnya, semuanya harus diabiasakan dan di pahami.

So bagi kalian yang bener-bener serius minat pergi ke Prancis, mending ga usah ikut intensif SNMPTN, kalian Fokus UN aja abis UN langsung belajar bahasa intensif.
Atau mulai sekarang bisa belajar bahasa.

Bagi kalian yang saat ini kelas 3, dan dirasa ga keburu ngejer jadwal pendaftaran, kalian bisa fokus UN dulu aja. Setelah UN baru deh ikut program super intensifnya.

Jadi ga usah ragu lagi buat milih PRANCIS !
dengan dana yang memadai *ga kalah murah dengan biaya di Indonesia*, kalian bisa ngerasain jadi pelajar asing, bisa mendapatkan sertifikat internasional dan pengalaman internasional :)


SEMANGAT SEMUANYAAA !!!! 
JADILAH PENERUS BANGSA YANG MENGUKIR PRESTASI DI NEGERI ORANG 
:)



You Might Also Like

504 komentar:

  1. Hi Indah, postingnya keren. Btw, gw juga bikin blog soal pengalaman gw ngurus kuliah ke Prancis. Bisa dicek disini :
    https://rsatriothoughtsandexperiences.wordpress.com/2016/07/06/studi-di-prancis-part-1/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rizky !
      Maaf baru sempet baca comment yang udah hampir satu tahun berlalu hehe.
      Anak Bordeaux ya ? udah kelar kah ?

      Btw gue juga udah liat blog lo, keren kok, dan ternyata lo anak Master, harusnya gue panggil kakak :' hehhehe

      Salam,

      Hapus
  2. postingannya keren kak. saya ingin bertanya kak. jika kita ingin kuliah di Perancis untuk s1, apakah nilai rapor sekolah semasa sma dibutuhkan dalam berkas - berkasnya? dan apakah berpengaruh besar dengan peluang diterima di salah satu univ negeri di Perancis? mohon dijawab kak. saya butuh sekali informasi ini. tolong ya kak. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah aku konsultasi dengan agen studi perancis, mereka bilang untuk nilai rapot yg diliat rapot kelas 3 doang, it mean rapot smt 5 dan 6 wajib diatas 6,5. dan utk nilai rata rata UN MURNI wajib diatas 6,5 juga. selebihnya kita harus dpt sertifikat bahasanya itu dan juga harus ngurus visa

      Hapus
    2. Halo Farah,

      Maaf banget yaa aku super telat bales comment ini huhuh.
      Jika untuk pendaftaran yang S1 biasa ga pake nilai raport kok kalau ketika mendaftar kamu udah punya ijazah alias udah lulus. Kecuali kalau pas daftar kamu masih kelas 3 SMA, baru butuh nilai rapport.
      tapi ga ada nilai khusus kok harus berapa, sewajarnya aja, asal jangan jelek-jelek banget.

      FYI periode pendaftaran S1 negeri : 15 nov - 20 jan setiap tahunnya

      terima kasih.

      salam,

      Hapus
    3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  3. Kalo mau kuliah di France apa ada test spt studienkullog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Maaf banget baru sempat membalas comment kamu.

      Tidak ada tesnya lagi, dan tidak ada kelas persiapan seperti di Jerman.

      Terima kasih.

      salam,

      Hapus
  4. Kak mau nanya misal nya kita mau daftar kuliah di perancis di indonesia nya kita boleh daftar kuloah juga gak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Maaf ya aku baru sempet baca comment ini uhuhu.

      boleh dong. kamu mau tetep daftar yang di Indonesia atau negara lain juga ga masalah.

      terima kasih.

      salam,

      Hapus
  5. DearIndah,
    Bagus sekali postingannya dan sangat membantu. Tetapi tetap ada ganjalan buat saya, Putri saya ingin sekali kuliah di Prancis kebetulan tahun ini lulus SMA, apakah cukup aman belajar disana saat ini mengingat kejadian2 terorisme belakangan ini? Apakah pihak KBRI disana cukup proteksinya thd para pelajar disana? trimaksih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ibu,

      Maaf baru sempat membalas commentnya.
      Insyallah aman ibu. Hanya media memang yang terlalu berlebihan dalam pemberitaan.
      Walaupun memang banyak kejadian yang tidak diinginkan, namun kondisi hari-hari masih baik-baik saja.

      KBRI juga tentunya dengan senang hati membantu. Tapi memang tidak dak proteksi khusus. Dari mahasiswanya lah yang harus menjaga diri sendiri.

      Anaknya jadi mendaftar kah ? sudah ke campus france ?

      terima kasih.

      salam,

      Hapus
  6. Apakah kita mengajukan harus visa pelajar atau bisa menggunakan visa tourist buat kuliah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dan wajib visa pelajar kalau untuk kuliah

      Hapus
  7. Mbak yanti anak sy minat kuliah disana, skrng kuliah s1 teknik di Jkt, kalo jurusan teknik apakah sulit lulusnya? Atau jurusan apa yg banyak diambil anak2 indo? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya, tidak ada kuliah yang gampang, semua memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Hanya saja disana sistem pembelajarannya tidak ada yang menyusahkan mahasiswa, misal.. dosen yang sulit ditemui.

      Anak-anak dari Indonesia banyak yang mengambil teknik dan ilmu sosial seperti ekonomi, politik, dll.

      Hapus
  8. Bagus sekali infonya mba indah, tambahan pertanyaan dari saya karena sedang s1 teknik di jakarta yang rencana mau lanjut s2. Apakah kalau mau meneruskan s2 disana langsung bisa? Atau ada penyetaraan lagi/sejenisnya?Mohon infonya, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Alvin,
      Tentu saja bisa jika anda ingin melanjutkan ke S2.
      syaratnya normal saja : Cv, surat motivasi, ijazah S1, transkrip nilai S1 dan surat kemampuan bahasa prancis / DELF B2.
      Selamat berjuang.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Postingannya memotovasi! Kak saya kelas akan naik kelas 3SMA saya sudah bikin plan untuk kuliah di Prancis, tapi kendala orang tua tidak diperbolehkan karena saya perempuan sendirian. Jadi apakah tidak apa" kalo saya kuliah sendirian di sana tanpa ada rekan yang menemani? (saya belum pernah ke Prancis, jadi masih buta), jadi saya bingung mau S1 langsung disana atau S1 dulu disini baru S2 disana dan kalo saya mau ambil jurusan literature apakah cocok di Prancis? Mohon sarannya kak, maaf sy bnyk bertanya. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Swan (?), takut itu pasti, tapi harus diyakinin, khususnya dari kita sendiri. kita yakin ga sama apa yang mau kita ambil ? Dulu juga saya sendirian disana, ga ada orang tua apa lagi keluarga. Bahkan sampai saya kembali ke Indonesia, orang tua saya belum sempat datang menghampiri. nantikan kamu akan ketemu banyak temen-temen yang tujuannya ke Prancis. ketemu keluarga baru deh :)

      Hapus
  11. Kakk aku suka banget bacanya!!! Oiya aku juga niat mau melanjutkan kuliah di Perancis setelah lulus SMA ini. Tapi aku punya pertanyaan kak karna emg aku gapaham untuk masalah beasiswa di luar negeri.
    Yang aku baca di webpage nya Campus France, itu hanya menyediakan studi untuk s1, s2, master, dan doktorat
    Nah aku nanti kalo baru lulus gitu bisa ga kak sekolah disana? Atau harus kuliah di indo dulu??
    Dan oh iya, kalau boleh tau, yang ngebntu menjelaskan masalah persiapan ke Prancis itu siapa ya kakk??terimakasih kak sebelumnya, maaf terlalu panjang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Asaa, yaaa kamu bisa kuliah di Prancis dari jenjang D3 - S1. Kalau kamu baru lulus SMA, bisa kok langsung kuliah S1 di Prancis. Tapi ya harus persiapan bahasanya dulu hehhe.

      Untuk info lebih lanjut kamu bisa konsultasi sama Campus France. Lembaga resmi dari kedutaan Prancis. gratis kok konsultasinya. Dan Campus France ada di beberapa kota selain jakarta. Silahkan cari tahu infonya :)

      Hapus
  12. Halo kak..
    Saya mau tanya kalo lulusan D4 teknik mau ngelanjutin S2 teknik di prancis bisa kah? Kalo bisa apa aja syaratnya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. halo Unknown (?) Iya bisa kok dari D4 ke S2. D4 kamu setara dengan S1 kok. Syaratnya normal saja : ijazah terakhir, transkrip nilai terakhir, CV, surat motivasi, DELF B2 kalau programnya dalam bahasa Prancis.

      Hapus
  13. Halo kak..
    Saya mau tanya kalo lulusan D4 teknik bisa kah lanjut di S2 teknik di prancis? Kalo bisa apa aja syaratnya kak.. soalnya kan di Indonesia D4 setara S1 sedangkan di universitas luar negeri saya gatau D4 apakah sama dengan S1 juga atau gmn kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Rio.. Iya bisa kok dari D4 ke S2. D4 kamu setara dengan S1 kok. Syaratnya normal saja : ijazah terakhir, transkrip nilai terakhir, CV, surat motivasi, DELF B2 kalau programnya dalam bahasa Prancis.

      Hapus
  14. malam kak,
    postingan kakak sangat menarik dan membantu khususnya bagi kaum awam yang ingin melanjutkan studi ke perancis, nah saya mau tanya, apa ada kemungkinan pengusulan beasiswa di terima? sedangkan saya tidak memiliki atau tidak mengkuti organisasi di dalam maupun di luar kampus? terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mustika, Mungkin saja. Penilaian beasiswa kan tidak hanya fokus pada organisasi saja. Namun juga dilihat nilai kamu, lomba atau kegiatan dll. Intinya kamu harus memberikan performa terbaik. Ibaratnya kamu sudah di kasih kuliah gratis, brrt harus di dapatkan dengan perjuangan kan hehhe. semangat

      Hapus
  15. Halo kak..
    Saya trtrik bnget kuliah d prncis jurusan HI.. Apa jurusn HI d prancis trmsuk bagus ya??
    Kalau boleh tau Univ k'indah namanya apa??
    Dan utk krja part time apa ad syarat khusus utk intetnational student?
    Trmakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Marseilla, ada kok HI, tapi HI untuk S1 tidak ada jurusan dengan nama hubungan international. kamu bisa masuk dari LEA (langue etranger applique) atau bisa dari politique, atau IAE (edministrasi economie), nanti S2 nya baru ke HI.

      Untuk kampus, di semua kampus Prancis bagus, karna tidak ada akreditasinya.
      kalo HI mungkin bisa coba ke Paris atau Starsbourg.

      Hapus
  16. Halo kak. Saya pingin lanjut studi di Prancis, perjalanan saya sudah sampai pengumuman tahun 2017 dan kebetulan saya blm di terima tahun ini, inshaAllah tahun depan coba lagi. Mungkin karena saya hanya lulusan SMA jurusan IPA, nilai saya bisa dibilang jelek, ambil management, dan blm ada pengalaman bidang kerja karena stlh lulus saya ambil kelas Cfa dan tidak ada waktu. Rencana tahun depan mau ambil tourisme, saya sudah mulai kerja di hostel dimana itu bisa mendukung cv saya.
    Menurut kakak, apakah berkemungkinan saya diterima?

    Terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Octarima, kamu anak Campus France ? Campus France mana ? ga ketermia kemarin pake DELF nya apa ? trus kamu ikut CEF aja atau Admission Postbac juga ?

      Mungkin kemarin CV atau surat motivasi kamu ad yng kurang ? sudah sering konsultasi sama penanggungjawab CF ? Semangatt

      Hapus
    2. Saya campus France Yogyakarta kak. Pakai delf b1 sih tapi saya juga ikut tcf-dap. Iya aku cuma ikut CEF aja. Memang bisa mengajukan Admission Postbac juga bersamaan kak?

      Menurut saya kurang menjurus sama bidang yg saya pilih, jadi di tolak. Iyaa ini lagi mau daftar lagi InshaAllah ketrima😭
      Terima kasih kak!

      Hapus
    3. Bisa kok, bisa daftar bersamaan :) sering-sering konsultasi sama Mbak fitria ya :)

      Hapus
  17. Halo kak. Apa syarat untuk mengajukan beasiswa S2 di paris harus dari Universitas dlm negeri yang bergengsi? Dan juga, saya pernah baca mengenai beasiswa eiffel, kita harus lebih dulu mendaftar dan dinyatakan lolos seleksi universitas di paris setelah itu baru mengajukan beasiswa. Nah pengajuan beasiswa itu, apakah sudah pasti akan dapat? Kalau kita tidak dapat beasiswa tp dinyatakan lolos seleksi univ, gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Vadira, Beasiswa yang tersedia saat ini hanya untuk S2 dan S3 saja, S1 belum ada. Sekarang ada namanya beasiswa IFI excellence scholarship, pendaftarannya via IFI / Campus France di tiap kota.

      Kalau Eiffel iya, jalurnya : daftar kampus / univ dulu, kalau udah diterima kampus, kita bilang ke kampus untuk pengajuan beasiswa Eiffel. Kalo kampus setuju, berkas kamu akan dimasukan ke pihak Eiffel.

      Di dunia ini ga ada yang bisa menjamin 100% iya atau tidak. bankan untuk hal apapun. termasuk soal beasiswa.

      Iya, bisa jadi kamu tidak lolos eiffel nya, tapi keterima kampusnya.

      merci,

      Hapus
  18. Halo kak indah. Postingan kakak bikin aku jadi on fire buat kuliah diprancis hehe. Aku mau nanya kak, kalau kita misalnya sudah dapat sertifikat b2 terus daftar di salah satu universitas di prancis, kita udah pasti keterima apa belum ya? Hal yg sy takutkan sdh dpt sertifikat b2 lalu pas daftar eh kita gak diterima:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Safa, bisa bareng kita k Perancis ya:) rencana kapan ke Perancis ? D sana ambil S2 or S1 ? Punya email or lainnya, biar nanti gampang komunikasi nya. Tq

      Hapus
    2. Halo Safa :) kalo kamu baca comment" di atas, kamu pasti dapet jawabannya. di dunia ini ga ada yg namanya pasti dan 100%. semua selalu ada jalannya, kita cuma bisa berusaha yg baik. Singkatnya aja, kamu udah cepek les snmpt, trus apa bisa ngejamin kamu lulus smptn ? enggak kan ? nah sama kaya les bahsa prancis atau b2. Tapi inget, gada yg sia-sia. kalu punya B2 kalo ga dpt univ kan bisa kerja atau jadi investasi untuk nanti s2, atau bisa coba tahun depan lagi :) telat kuliah bukan brrt masa depan kamu telat jugaa kok

      Hapus
  19. Terus universitas tempat kak indah kuliah namanya apa? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu aku program D3 nya di kota kecil tapi kaya akan kenangan ea hahaha
      ini web nya : http://marcel-gimond.elycee.rhonealpes.fr

      kalau S1 nyq aku disini : www.igefi.net

      selamat kepo :)

      Hapus
  20. Sangat bermanfaat kak... Oh iya aku mau nanya berkas" apa aja yang di perlukan dan nilai un dan raport apakah berpengarh? Aku masih kls 1 sma kak dan saya ingin mempersiapkan dari skrng apa saja yg diperlukan seperti nilai

    Terimakasih❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkas yang kamu perlu siapin : Ijazah, transkrip nilai, cv , surat motivasi / personal stmnt, sertifikat kemampuan bahsa prancis / DELF B2

      semua komponen berpengaruh, tp ga ada nilai minimum kok. tp jangan jelek jelek banget yaaa haha

      Hapus
  21. Hi Indah, mau tanya. Gw Uda nyari d google n etc, untuk uang deposit utk kuliah d Perancis berapa ya ? Ada yg bilang d sekitaran 100juta, n itu nanti bisa d ambil lagi ? JD ga perlu d blok selama setahun (cm bisa ambil beberapa euro aj per/bulan selama setahun). Naa klo d Perancis gimana tuh yg bener :) gw ada rencana mau lanjut master (manajemen) amin. Gw Uda ubek2 web kampus di Perancis,koq biayanya mahal banget ya, rata2 Uda d atas 13.000 euro. Mohon pencerahannya Indah. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai tovan, maaf baru ya baru sempet balesnya, smoga masih kebaca.
      Kalo untuk deposito iya minimal 100jt di rekening kita selama 3 bulan terakhir. Bisa pake rekening orang tua kalo kamu blm pernah kerja. Ga pelu dibekuin kaya negara tetangga hehhe, setelah visa jadi uangnya bisa kamu cairin lagi alias bisa di pake.

      untuk univ yg 13000 pasti itu swasta deh heheh. cari nya yg negeri dong. Yg depatnya ada tulisan UNIVERSITE nya. kalo depannya ECOLE aja (tanpa ada kata kata ecole national), atau depannya institut biasanya swasta hehhe.

      selamat mencari

      NB : bisa cari di web Campus France deh

      Hapus
  22. Keren kak postingnya jadi pengen bangeet , tapi kak kalo semisal kita autodidak belajar bhasa perancis gtu trus kita tes level bhasa perancis di IfI bisa gk ya kak? Jadi gk harus kursus atau harus pake kursus? Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih yaa hehhe :)

      Bisa aja sih, tpi pasti ada kendala. Belajar bahasa menurut aku tetep perlu nalanya guru, karna belajar bahasa bukan kaya belajar MTK yg tinggal masukin rumus hehhe. tp kita harus tau penempatan katanya yg tepat gimana.
      mungkin lbh baik les + otodidak juga kali ya hahahhahha

      Hapus
  23. Kak, mau tanya, untuk s2 k prancis apakh ad syarat deposit uang d bank sprti mau k jerman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi muth dah, bareng yuk k prancisnya :) gw juga ada rencana ambil S2 dsono. Kmrn gw sempet mampir k campus France, untuk uang deposit minimal 100 juta n bisa d ambil lagi n ga d block koq :) cmiiw

      Hapus
    2. ada, sekitar 100 jt selama 3 bulan terakhir. Lengkapnya scroll ke atas yaa hehe

      Hapus
  24. Universitas tempat kaka kuliah namanya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloooooo Wanda, udah kau jawab di beberapa comment di atas, di scroll yaa hehehhe

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Halo kak,mau nanya ni,kalo saya SMA nya jurusan IPS, bisa masuk ke teknik informatika di prancis ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo... pada dasarnya aku ga jamin deh bisa, soalnya pas daftr kan kamu bakal diminta nilai-nilai kamu. nah kalo ternyata kamu ips, artinya kamu ga ada nilai ipa nya kan ? tapi aku blm tau pasti. coba langsung baca web univ nya deh.

      Hapus
  28. halo kakak.... saya Vendra kakk.. saya ingin bertanya untuk studi master kan membutuhkan student visa.. apakah ada ketentuan minimum saldo? atau bisa pakai slip gaji warga perancis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo vendra.
      Maaf ya super telat balesnya. Comment nya ga ada notif soalnya huhuh.
      Ketentuan saldo ada. 100jt rupiah di tabungan orang tua kita / yang menjadi sponsor. kalau mau tabungan sendiri juga boleh, asal sudah bekerja. 100 jt tersebut selama 3 bulan terakhir. Dan bisa dipergunakan kembali setelah visa keluar. Intinya, uang dib bank TIDAK dibekukan :)

      Hapus
  29. halo kakak.... saya Vendra kakk.. saya ingin bertanya untuk studi master kan membutuhkan student visa.. apakah ada ketentuan minimum saldo? atau bisa pakai slip gaji warga perancis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya yang bagian warga prancis saya lupa balas. Bisa juga jika ada sponsorship dari pihak prancis. Namun beliau juga harus menyerkatan dokumen-dokumen pendukung seperti ;kartu identitas, slip gaji penghasilan, rekening bank, dan rekening koran.

      Hapus
  30. Halo kak.. mau tanya disana yang kena bantuan biaya kan sekolah negeri.. untuk sekolah fashion itu apakah ad yg negri atau gk? Klu g ad apakah kakak tau berapa biaya kuliah fashion disana? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo
      Kalau untuk fashion ada juga di negri, namun tidak fokus seperti sekolah fashion swasta seperti esmode misalnya.
      Yang negri mungkin lebih ke textil. dan ada teorinya juga.
      yaaa sama sih seperti "tata busana" di univ negri, pasti beda sama swasta di indo seperti esmode.

      Kalau kisaran baiya di swasta mungkin 6000 euro ++ / tahun

      Hapus
  31. Halo yang tertarik untuk kuliah master di perancis tetapi program yang diajarkan dalam bahasa inggris (tidak perlu menggunakan bahasa perancis) kamu bisa contact saya 087 887 2005 85 (lusie).

    Bahasa perancis dasar dibutuhkan untuk mengurus administrasi di sekolah ataupun di kehidupan sehari2 disana, tetapi di dalam kelas, dosen menggunakan 100% bahasa inggris.

    Kampus2 yang tersedia antara lain:
    1 EURECOM
    2. Mines Saint Etienne
    3. Mines Albi
    4. IMT Atlantique
    5. Mines Ales
    6. Telecom Ecole de Management
    7. Mines Douai
    8. Telecom Lille
    9. Mines Nancy
    10. Telecom Paristech
    12. Telecom SudParis
    13. Mines ParisTech

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Bu Lusi. Untuk jurusan accounting dkkampus manakah yg cocok? Dab brpa kah biaya yg plg murah.

      Hapus
    2. Halo octaviana salam kenal. Kamu bisa email ke reppresentative resmi kampus di atas tsb untuk tanya2 yaa. Untuk konsultasinya itu free tidak memerlukan biaya. Ini emailnya indonesia.imt@gmail.com

      Hapus
  32. Halo. Aku baca blog km dan memang ada rencana utk lanjut s2 di perancis nih. Boleh minta email nya tdk utk kontek2 ny ? Thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo salam kenal :)
      bolehm ke email pribadi ya, di : indah(dot)tridiyanti1(et)gmail(dot)com

      Hapus
  33. halo kak, namaku yunita. aku masih kelas tiga sma dan pengen kuliah di perancis. nah, dari tahap awal pendaftaran sampe bisa kuliah disana biayanya berapa ya kira-kira? trus cara dapet universitasnya gimana caranya? makasih kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal yunita :)

      Tahap awalnya kamu harus les bahasa Prancis dulu. Kalau di Jakata, bisa les di IFI.
      Secara paralel, kamu bisa konsultasi ke Campus France.
      Lalu nanti di campus France kamu akan dijelaskan kapan pendaftaran dll nya.

      Hapus
  34. Kak syarat kuliah di prancis itu gimana?
    Ngurus pendaftaran kuliahnya mulai kapan? Sewaktu SMA kelas 3 atau sudah lulus?
    Kalo mau daftar kuliah apa aja yang di bawa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syarat utamanya kalau untuk S1 : harus bisa bahasa Prancis sampe level DELF B2

      Pendaftarannya tergantung kamu kapan punya delf nya.
      Kalau udh punya delf sejak kelas 3, kamu bisa daftr saat masih kelas 3.
      tapi kalau blm ada basic bahasa Prancis. harus les dulu

      pendaftran S1 untuk univ negri ; 15 nov - 20 jan setiap tahunnya

      syarat utama lainnya ; cv, surat motivasi, ijazah terakhir, transkrip nilai terakhir, kemampuan bahasa Prancis

      Hapus
  35. Hallo kak! Wah aku udah baca ceritanya, jadi termotivasi. dulu aku sempet belajar bhs prancis 3 tahun di SMA, lumayan lah wkwkw. Skrg aku kuliah di D3 otw semester 4, aku mau tanya.. kalo aku mau lanjutin setelah lulus disini kira2 bisa gak ya kak? Tapi jenisnya beasiswa gitu?? Mohon info kalo ada xD makasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo,
      Terima kasih kalau tulisannya bermanfaat :)

      Bisa kok. Dari D3 ke S1 tinggal tambah 1 tahun lagi aja.
      tapi ya ituuuu kamu harus bisa bahasa prancis dulu heheh

      kalau S1 masih blm ada beasiswanya. paling subsidi yang aku jelasin diatas

      Hapus
  36. Katanya kalo mau kuliah di perancis ada uang simpanan di bank dulu ya? Sekitar 80jt an katanya bener gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yus bener banget.

      Kalau sekarang 100jt rupiah di rekening orang tua. tapi tidak dibekukan. artinya, ketika visa sudah jadi, uang bisa dipergunakan seperti biasa.

      Hapus
  37. Hallo kak inda.. Saya sma kelas 3,dan ada plan untuk melanjutkan kuliah kedokteran di prancis .. Apa seleksiya lebih susah dibanding jurusan lain atau bagaimana? Dan kalo boleh , jika kakak ada kenalan mahasiswa indonesia yang berkuliah kedokteran di prancis atau lulusan kedokteran prancis, saya ingin minta contact nya untuk bertanya lebih detail.. karna mencari di google sangat minim info. Terimakasih ka indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Avinda, salam kenal :)

      sayang sekali untuk jurusan kedokteran di Prancis memang tidak disarankan. Karna seleksinya amat sangat sulit. Kuliah kedokteran juga selama 9 tahun loh! .

      Dan sayangnya lagi, belum ada mahasiswa indonesia yang berhasil menyelesaikan S1 kedokterannya di Indonesia. jadi kita blm ada almamater nya :)

      Hapus
  38. Hallo kak inda.. Saya sma kelas 3,dan ada plan untuk melanjutkan kuliah kedokteran di prancis .. Apa seleksiya lebih susah dibanding jurusan lain atau bagaimana? Dan kalo boleh , jika kakak ada kenalan mahasiswa indonesia yang berkuliah kedokteran di prancis atau lulusan kedokteran prancis, saya ingin minta contact nya untuk bertanya lebih detail.. karna mencari di google sangat minim info. Terimakasih ka indah

    BalasHapus
  39. Kak, mau tanya, saya ini kan anak smk bukan anak sma ttp saya memliki keinginan untuk melanjutkan kuliah diluar negeri, apakah terdapat peluang bagi lulusan smk untuk melanjutkan kuliah diluar negeri? Karena saya baca2 komentar disini kebanyak mereka yang latar belakangnya adalah lulusan sma... Mohon maaf ya kak kl kepanjangan komentarnya hehehe.... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonjour,

      tentu saja ada peluangnya. Tidak ada perbedaan antara anak SMA dan SMA, semua memiliki kesempatan yang sama.
      selamat mencoba

      Hapus
  40. hai kak, saya lulus SMA tahun 2016, dan baru ingin kursus&kuliah disana skrg2 ini, mau bertanya apakah campusfrance bantu kita untuk cari univ juga kah? & konsultasi di campusfrance itu ada biayanya nggak? karna saya bener2 dari nol bgt nih.
    terimakasih^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo henny salam kenal. Iya Campus France akan mendampingi kami dengan baik, termasuk dalam pemilihan kampus. Inget, kamu yang akan kuliah jadi kamu yang pilih kampusnya, Campus France sifatnya mendampingi. Konsultasi di Campus France GRATIS dan silahkan konsultasi berkali kali. selamat mencoba, salam.

      Hapus
  41. kak saya mau tanya-tanya. tapi malu kalau tanya disni..hehehe. Saya sudah kirim email ke kakak ya. namanya email saya muhammadnurilham30@gmail.com
    mohon bantuannya ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ilham, sudah aku balas juga ya emailnya :)

      Hapus
  42. Blog kakak memotivasi aku buat study s2 diperancis kebetulan aku juga lagi ngejar s1 jurusan hubungan internasional dan aku mulai senin udah les di ifi jakarta kakk

    Pertanyaan kak buat prodi fisipol di perancis banyak ga kak heheh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh termakasih, senang kalau bisa bermanfaat buat orang lain heheh.
      oh ya les di IFI mana ?
      semangat yaa les nya jgn cpt bosan heheh.

      ada banyak banget. kalo udah s2 udh sangat berfariasi jurusannya. tinggal kamu mau mempelajari apa.

      Hapus
  43. Haii ka, aku kepengen banget biar bisa kuliah di prancis, sekarang aku baru kls 10, tapi aku mau mempersiapkan nya mulai dari skrng kira kira apa aja ya yang harus perlu dipersiapkan?dan aku harus mulai darimana buat mempersiapkannya? Trs juga aku anak smk, akankah anak smk mempersulit masuk univ? Lalu aku juga ngambil jurusan farmasi disana ada jurusan farmasi ga ya ka?Tolong ya ka jawab biar aku ada gambaran hehee:) maaf yaka bawel hehe tlg bales juga email dari aku :) gmailnya indryanimirna58@gmail.com ya kaa sekali lagi makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mirna, email kamu udah aku bales ya. semoga udah masuk kan ya ? kalo belum send lagi ya.
      kalau masih kelas 10, masih ada waktu banget buat belajar bahasa ! ayo segera les bahasa prancis nya dari sekarang. jadi nanti pas kelas 3 udh bisa daftr univ, lulus SMA bisa langsung lasuk univ deh. amin. jadi ga perlu gap year lagi. semangat terus yaaa

      Hapus
  44. Haii kak. salam kenal. saya kepengen banget kuliah di prancis. boleh saya minta email kakak untuk tanya tanya?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo desbi salam kenal :)
      sepertinya di postingan lain udah ada deh email aku.
      atau bisa send aja ke indah.tridiyanti1@gmail.com
      semangattt

      Hapus
  45. Kak jika ingin kuliah di Top University di France seperti INSEAD itu syarat² nya apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo salam kenal :)
      kurang lebih biasanya sama, tapi kalo mau masuk INSEAD, essay kamu harus oke banget. harus membawa masalah yang konkret. isinya harus super keren hehhe
      dan kemampuan bahasa inggris. karena kuliahnya pake bahasa inggris :)

      Hapus
  46. assalamualaikum kak.....boleh minta saran/advis nya, ada rencana ingin lanjut study s2 / s3 hukum di Unversitas Sorbonne. Mungkin ada info teman2 yg kuliah di sana? trims. IKBAL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas ikbal ! salam kenal :)
      untuk jurusan apa ya ? bias email aku aja, siapa tahu jurusannya familiar dan bias aku kenalin sama beberapa temen / alumni disana

      Hapus
  47. Hai kak indah :)
    Mau nanya kak,di artikel kaka menyebutkan ada S1 lanjutan (D3 ke S1),nah di perancis kampus mana yang ada program tersebut ya kak?
    Terima kasih kak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo bagas, salam kenal :)
      hamper di semua kampus ada kok, tergangung kamu nyari program apa dulu

      Hapus
  48. hai kak Indah.
    Saya mau tanya, untuk kursus B.Prancis di IFI sampai tingkat B2 kira kira butuh waktu berapa lama? oh iya, minta sarannya, kalau untuk pemula seperti saya yang sama sekali belum mengerti b.prancis apakah lebih baik ikut kursus ekstensif atau bisa langsung ikut kursus intensif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai rizki !
      tergantung program apa yang kamu ikuti. kalo ekstensif yang seminggu 1 x atau 2x seminggu bias 2 tahuna lebih hehhe.
      yang cepet ya intensif sekitar 8-10 bulan.
      kelas apa yg harus kamu ambil, tergantung dengan waktu luang kamu. lebih bagus emang ikut yg intensif

      Hapus
  49. hai kak! jadi aku kan pengen kuliah di prancis, dan aku sekarang homeschooling which is ijazah aku paket C, itu bisa gak ya? atau susah buat keterima di univ sana? makasih kak have a good day!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai salam kenal !
      untung nya pemerintah prancis sangat terbuka untuk type ijazah. dan ijazah kamu paket C bias banget buat daftr.
      banyak kok siswa yang dr homeschooling kaya kamu.
      semangatttttttttttt :)

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Halo kak. Aku baru baca blog kakak walaupun telat hehe. Aku mau nanya nih. Sekarang aku lagi kuliah S1 nih kak di Indo. Sebenarnya aku udah lama pengen gitu kuliah di Prancis karena termotivasi dulu mamaku kuliahnya di Belanda. Nah kak kan tahun ini alhamdulillah aku udah keterima kuliah di salah satu PTN di Indo nih, misalkan nanti aku udah jalan semester 4, bisa gak nih kak kalo mau daftar kuliah ke Prancis ngelanjutin 2 tahun kuliah di Indo dulu atau harus ngulang dari awal ya ikut semester 1 lg di Prancis? Merci :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonjour...

      aduh maaf banget ya aku super telat bales nya :( next time bisa ke email aja ya.
      Kalau dari Indo mau transfer ke Prancis agak susah. Apalagi ke univ negeri. kalau ke univ swasta mungkin masih ada harapan, walaupun kecil. Jadi sebaiknya kamu kelarin dulu aja S1 nya. baru nanti lanjut S2 nya ke Prancis.

      salam,

      Hapus
  52. Hay ka maaf dong may bertanya , Klo mau kuliah s1 di prancis, tapi Klo ijazah nya paket c gmna ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonjour,

      Gpp kok. Pemerintah prancis menerima UN, Paket C, IB, A level.

      Hapus
  53. Apa bakalan di tolak Klo ijazah nya pket c?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditolak atau tidaknya bukan karena paket C atau bukan.
      tapi karna dokumen kamu yang lain bagus atau tidak

      Hapus
  54. Hy ka ... Mau maaf klo kurang sopan,apa Klo Kita kuliah di luar negri harus mempunyai tinggi badan minimal 150?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo :)

      Hahhaha lucu banget pertanyaannya :)
      ya ga ada lah...
      sejak kapan mau masuk kuliah harus ada tinggi badan ?
      kalau untuk kuliah dengan bidang khusus sih mungkin aja.
      tapi kalau kuliah general mah bisa bisa aja kok

      Hapus
  55. Hay kak Indah 😊 saya mau tanyatanya dong .Saya kan lulus tahun ini nah rencana pengen banget kuliah ke Perancis, udah sharingsharing cari informasi dari google ,dari tempat kursus dan masih banyak banget deh pkoknya, kira - kira gini ni kan kebanyakan dinegara Negara lain pasti di wajibin ada uang di rek minimal berapa ratus juta gitu buat persyaratan visa ..Kira kira di prancis juga seperti itu nggak kak ? Terimakasih 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonjour,

      maaf ya baru bales huhu.

      Di Prancis perlu juga menyiapkan uang sebesar 100 jt pada saat pembuatan visa. namun tenang, uang tersebut tidak dibekukan. artinya bisa dipergunakan kembali / ditarik kembali setelah visa selesai.

      Hapus
  56. Assalamu'alaikum wr.wb

    Mbak mohon di jawab lewat email ya (suratman@pupukkaltim.com), kuatir saya gak sempat berkunjung ke blog ini.
    anak saya minat sekali kuliah di prancis, masalahnya saat ini dia kls 3 di SMU Boarding jadi tidak sempat sambil kursus bahasa.

    Pertanyaan :
    1. Kalau yang kelas internasional (univ.negeri) apakah juga wajib sertipikat bahasa ?
    2. Apakah mahasiswa baru nanti disambut/dibantu oleh kakak-kakak di perkumpulan mahasiswa Indonesia ?
    3. lain-lain , saya nanya via email ya (saat ini belum terpikir)

    terimakasih
    wassalam

    suratman/bontang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..

      sudah saya email ya pak.

      salam,

      Hapus
  57. halo ka,aku farizi aku baru lulus sekolah,dan aku lagi belajar bahasa inggris untuk saat ini,apakah bahasa inggris,atau nilai Ielts/Toefl salah satu syarat untuk kuliah di france.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonjour,

      Untuk S1 atau S2 ?
      kalau S1 hampir semua menggunakan bahasa Prancis. jadi yang paling utama ada DELF B2 nya.

      untuk S2 yang dalam bahasa Inggris, score IELTS / TOEFL nya bisa dicek dimasing-masing kampus.
      biasanya min 6.5

      salam,

      Hapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Wah kuliah di prancis udah gak "gratis" lagi dong mulai tahun 2019 . Dari 180 euro jadi 2000 euro itu oh mon Dieu itu kayak belasan kali lipat per tahun . Huft ada apa dengan pemerintahan Prancis skrg ??! Padahal baru niat mau lanjut kuliah kesana :(

    BalasHapus
  60. Kak, nama kampus kaka apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat apa ? ga usah nyama nyamain banget kok hhahahha

      Hapus
  61. Mbak Indah, saya baru lulus S1 di Univ. Jakarta. Dan berniat ambil S2 di Perancis. Ada persyaratannya, diperlukan Baccalauréat. Maksudnya apa ya? Apakah masih diperlukan ijazah SMA?

    Juga saya mau tanyakan, apakah beasiswa juga diberikan bagi yg kuliah di universitas swasta?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonjour Tina,

      Baccalaureat = BAC = ujian UN kita kok.
      Iya beasiswa S2 bisa untuk univ swasta juga kok

      Hapus
  62. Hallo kak, salam kenal saya nia. Saya ada rencana untuk melanjutkan pendidikan s1 di paris. Untuk latest high school transcript itu yg dimaksudkan apakah nilai raport atau nilai dari ijazah dan skhun? Mohon infonya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonjour,

      Yang digunakan nilai nilai yang ada dibalik Ijazah SMA nya.

      Hapus
  63. Hallo kak, saya itu aslinya ingin sekali berkuliah di luar negeri, tapi saya takut kalau biayanya mahal kak hehehe. Gimana donk hehe?

    BalasHapus
  64. Hallo kak! mau nanya nih, itu tes bahasa Perancisnya dimana ya kak?
    Makasih kakak sebelumnya

    BalasHapus
  65. halo, mau tanya dong, gimana sih cara bedain kampus negeri dan swasta di liar negeri terutama prancis?
    dan biasanya univ negeri di prancis itu paling favorit di kota mana? Terimakasih

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  67. KESAKSIAN: Amalia Amangkurat
    NEGARA: Kuala Lumpur, Malaysia
    PINJAMAN PINJAMAN: $ 50.000
    Akun AmBank: 1330773201610
    amaliaamangkurat@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hubungi / Whatsapp: +19147057484

    Nama saya Ny. Amalia Amangkurat, saya seorang janda dan saya kehilangan suami saya 4 tahun yang lalu dan saya mengasuh anak-anak, sekarang saya menghasilkan uang untuk membayar sewa dan hutang tetapi saya tidak punya uang untuk membayar.
     
    Baru-baru ini, saya melihat kesaksian online tentang seorang teman yang mendapat pinjaman tanpa jaminan dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY. Saya mencari tahu dan saya diberitahu bahwa dia adalah ibu yang jujur, jadi saya mengajukan pinjaman $ 50.000 jadi setelah proses pinjaman, pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya dan hari ini, saya punya toko yang saya jalankan bisnis saya dan hari ini Saya telah melunasi hutang saya dan semua tagihan saya.

    Terima kasih kepada RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, pemberi pinjaman yang baik dan jujur, jadi saya berjanji untuk bersaksi dan membagikan kabar baik saya juga. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda selalu dapat menghubungi.

    BalasHapus
  68. Kak kan sekarang aku masih mau S1 di Rumania dan punya planning untuk lanjut S2 di Prancis, mau nanya kak?
    1. Lebih baik setelah lulus s1 balik ke Indonesia dulu untuk les bahasa Perancis dan ngurusin pendaftaran s2 nya? Atau pas di Rumania sekalian aja les bahasa Perancis + daftar kuliahnya dari sana?
    2.Kalo kaya gitu ngurus visanya harus di Indonesia kah? Atau boleh ngurus bisa dari Rumania untuk study di Prancis?

    Tolong di jawab kak����

    BalasHapus
  69. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini salah satu dari kecurangan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapatkan pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sAPP Number +15614916019

    BalasHapus
  70. Halo semuanya
    Ini adalah PINJAMAN SANDRA WALKER kami memberikan kredit / pinjaman kepada semua klien kami yang terhormat yang telah kehilangan harapan untuk mencapai kemandirian finansial bahkan dengan nilai kredit nol. Anda dapat menjadi dermawan yang baik ketika Anda melalui layanan keuangan yang akan kami berikan kepada Anda. Lupakan tentang kedatangan keuangan singkat yang Anda hadapi dengan fokus kami pada kami dan kami menjamin Anda bahwa tidak ada yang bisa menandingi kehidupan kredit Anda ketika pinjaman Anda telah dicairkan dalam waktu sesingkat mungkin karena semua proses kami sangat fleksibel dan ramah. Silakan hubungi kami segera melalui.
    email kami: [sandrawalkerloan1@gmail.com]

    BalasHapus
  71. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  72. PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN RIKA ANDERSON
    RIKA EMAIL: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hubungi / Whatsapp: +19147057484
    TESTIFIER: Favour Peterson
    Lokasi: dari Surabaya dan saat ini di Malaysia
    Jumlah Pinjaman: RM450.000
    MayBank
    email: favourpeterson9@gmail.com

    Saya Favor Peterson dari Surabaya dan saat ini tinggal di Malaysia. terima kasih kepada RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman RM450.000 dengan tingkat bunga yang sangat rendah.

    Saya ditipu oleh penipu online bulan lalu, terima kasih kepada Allah yang menggunakan Rika Anderson untuk mengakhiri semua kecurigaan saya dalam hidup saya, jadi saya mencari pinjaman tanpa sejarah kredit dan saya punya banyak bank dan perusahaan keuangan untuk meminjamkan saya, tetapi semua menolak.

    Saya melihat sebuah halaman di internet dan saya melihat seorang wanita yang membagikan kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON. Saya menghubungi ibu Rika dengan percaya diri dan dalam waktu 2 jam, saya mendapat pinjaman, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog itu benar-benar palsu karena semua hutang saya terbayar. Saya berjanji kepada Tuhan untuk membagikan kesaksian hidup saya.

    BalasHapus
  73. PERUSAHAAN PINJAMAN ALEXANDER GRACE
    ANDA SELAMAT DATANG DI GRACEALEXLOANCOMPANY (GALC)
    Good Day Sir / Madam: Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau tujuan apa pun? Kami adalah pemberi pinjaman bersertifikat dan legal dan internasional, kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan Bisnis. Perorangan, perusahaan perusahaan, badan hukum dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%. Ini bisa berupa pinjaman jangka pendek atau jangka panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit macet. Kami akan memproses pinjaman Anda segera setelah kami menerima aplikasi Anda. Kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami menawarkan pinjaman Pendidikan, pinjaman Bisnis, pinjaman rumah, pinjaman pertanian, pinjaman pribadi, pinjaman mobil dengan riwayat kredit baik atau buruk. Jika Anda tertarik dengan penawaran pinjaman kami di atas, Anda disarankan untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali kepada kami untuk lebih jelasnya. Anda dapat menghubungi kami melalui email ini gracealexanderloancompany@gmail.com kami akan merespons Anda segera setelah kami menerima rincian aplikasi pinjaman Anda di bawah ini.

    Nama lengkap:
    Tanggal lahir:
    Jenis kelamin:
    Status pernikahan:
    Jumlah Total yang Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Negara:
    Negara:
    Alamat:
    Telepon:
    Pendapatan bulanan:
    Pendudukan:
    gracealexanderloancompany@gmail.com untuk perhatian segera. Kontak
    kami sekarang dan dapatkan pinjaman mendesak dalam dua (2) hari !!!

    BalasHapus
  74. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus
  75. KESAKSIAN: Amalia Amangkurat
    NEGARA: Kuala Lumpur, Malaysia
    PINJAMAN PINJAMAN: $ 50.000
    Akun AmBank: 1330773201610
    amaliaamangkurat@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hubungi / Whatsapp: +19147057484

    Nama saya Ny. Amalia Amangkurat, saya seorang janda dan saya kehilangan suami saya 4 tahun yang lalu dan saya mengasuh anak-anak, sekarang saya menghasilkan uang untuk membayar sewa dan hutang tetapi saya tidak punya uang untuk membayar.

    Baru-baru ini, saya melihat kesaksian online tentang seorang teman yang mendapat pinjaman tanpa jaminan dari PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON, Lady Amalia Anmangkurat di email amaliaanmangkurat@gmail.com dan email Harumah Madzulkifli harumahmadzulkifli@gmail.com. Saya membuat pertanyaan dari ibu Margaretha Asmaran di email margarethaasmaran@gmail.com dan Vania Hilman di email vaniahilmanaki@gmail.com Saya diberitahu bahwa dia adalah ibu yang jujur, jadi saya mengajukan pinjaman $ 50.000 jadi setelah proses pinjaman, pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya dan hari ini, saya punya toko saya menjalankan bisnis saya dan hari ini saya sudah melunasi hutang saya dan semua tagihan saya.

    Terima kasih kepada RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, pemberi pinjaman yang baik dan jujur, jadi saya berjanji untuk bersaksi dan membagikan kabar baik saya juga. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda selalu dapat menghubungi.

    BalasHapus
  76. PROGRAM PINJAMAN MUDAH
    Selama masa ekonomi yang tidak pasti ini, banyak orang mendapati diri mereka dihadapkan pada situasi di mana mereka dapat menggunakan bantuan keuangan. Apakah itu untuk keadaan darurat, perbaikan rumah, konsolidasi utang atau bahkan liburan keluarga - pinjaman pribadi berbunga rendah adalah cara yang aman dan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Di Alta Finance LLC, kami berspesialisasi dalam program pendanaan Pinjaman yang andal dan efisien. Hubungi kami hari ini menggunakan email perusahaan kami: altafinancellcfunding@gmail.com

    BalasHapus
  77. hari baik untuk semua orang di Indonesia dan juga untuk semua di Asia, nama saya Ny. Fatimah fahariah, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman internet, Allah dukung saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya mengganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang merupakan pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA , jadi saya mengumpulkan perjanjian dan menghubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam uang telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, jadi saya bertanya kepada siapa saja yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +13128721592

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga. Anda dapat menghubungi saya juga jika Anda ingin di fatimahfahariah493@gmail.com

    BalasHapus
  78. Anda dipersilakan untuk "AULIA CONSULT" kami adalah perusahaan pinjaman baru yang didukung oleh BANK DUNIA yang didirikan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam kebutuhan bantuan di dunia, melalui bantuan keuangan. karena tingginya aktivitas penipuan yang terjadi di Indonesia, Jadi Jika Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda meminta hipotek untuk meminta pinjaman Anda atau membayar tagihan Anda, mulailah perdagangan yang baik, atau Anda dapat menemukan uang untuk mendapatkan modal hipotek dari bank lokal, kami adalah perusahaan yang menyediakan pinjaman tidak berguna untuk individu yang tertarik dan serius, perusahaan, badan hukum dan orang awam dengan tingkat keuntungan 2%.

    Kami memiliki akses ke koleksi pembayaran untuk perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis. Kami percaya bahwa kebajikan dan kenyamanan Anda adalah prioritas optimal kami, kami dapat berada di sini untuk membantu Anda mendapatkan pinjaman dan kami datang untuk membantu Orang Baik INDONESIA di negara saya. dan pastikan Anda orang Indonesia sebelum Anda menghubungi kami, INDONESIA SAJA !!!

    CATATAN (NB); JANGAN MENGHUBUNGI KAMI JIKA ANDA TIDAK SERIUS !!!

    Surel; (auliafadhlan6@gmail.com)

    Layanan kami meliputi:

    Membayar Utang
    Pinjaman Komersial
    Pinjaman Pribadi
    Pinjaman Internasional
    Pinjaman untuk Pertanian
    Modal Ventura
    Dan lagi

    PINJAMAN KARYAWAN (NB);
    Setelah merekomendasikan aplikasi pinjaman, Anda dapat mengharapkan respons awal dalam waktu kurang dari 1 jam dan membiayai dalam waktu 24-96 jam setelah menerima pemberitahuan yang kami butuhkan.

    Surel; auliafadhlan6@gmail.com
    WhatsApp: (+12342018860)

    BalasHapus
  79. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   

    BalasHapus
  80. CEO PERUSAHAAN PINJAMAN GRAND ALEXANDER
    Email PERUSAHAAN: gracealexanderloancompany@gmail.com
    Penguji: Ny.Yung kun Eugene
    Alamat: Bangka Belitung, Indonesia
    Hibah Pinjaman: Rp. 100.000.000
    Bank Central Indonesia
    Penguji email: yungkuneugene@gmail.com

    Saya Ny. Yung kun Eugene dari Bangka Belitung, ini email saya jika Anda ingin menghubungi saya: yungkuneugene@gmail.com. Saya ingin membagikan kesaksian saya di platform ini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman modal ventura sebesar Rp. 100.000.000 dari pemberi pinjaman yang sah. Saya selalu gagal dan saya bahkan scam sampai saya melihat kesaksian Ibu Rahma Henny di platform ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari GRACE ALEXANDER LOAN COMPANY.

    Saya menghubungi CEO, Ms. Grace Alexander, minggu lalu, saya mengajukan pinjaman dari Mother Grace dan saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan setelah 2 jam aplikasi saya, jumlah 100 juta ditransfer ke rekening bank BCA saya. Saya ingin menyarankan semua orang untuk menghubungi perusahaan pinjaman PERUSAHAAN GRACE ALEXANDER LOAN yang sah.

    BalasHapus
  81. PERUSAHAAN PINJAMAN ANGGOTA ALEXANDER
    ANDA SELAMAT DATANG DI GRACEALEXLOANCOMPANY (GALC)
    Good Day Sir / Madam: Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau tujuan apa pun? Kami adalah pemberi pinjaman bersertifikat dan legal dan internasional, kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan Bisnis. Perorangan, perusahaan perusahaan, badan hukum dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%. Ini bisa berupa pinjaman jangka pendek atau jangka panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit macet. Kami akan memproses pinjaman Anda segera setelah kami menerima aplikasi Anda. Kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami menawarkan pinjaman Pendidikan, pinjaman Bisnis, pinjaman rumah, pinjaman pertanian, pinjaman pribadi, pinjaman mobil dengan riwayat kredit baik atau buruk. Jika Anda tertarik dengan penawaran pinjaman kami di atas, Anda disarankan untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali kepada kami untuk lebih jelasnya. Anda dapat menghubungi kami melalui email ini gracealexanderloancompany@gmail.com kami akan merespons Anda segera setelah kami menerima rincian aplikasi pinjaman Anda di bawah ini.

    Nama lengkap:
    Tanggal lahir:
    Jenis kelamin:
    Status pernikahan:
    Jumlah Total yang Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Negara:
    Negara:
    Alamat:
    Telepon:
    Pendapatan bulanan:
    Pendudukan:
    gracealexanderloancompany@gmail.com untuk perhatian segera. Kontak
    kami sekarang dan dapatkan pinjaman mendesak dalam dua (2) hari !!!

    BalasHapus
  82. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini salah satu dari kecurangan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapatkan pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019

    BalasHapus
  83. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  84. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   

    BalasHapus
  85. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
    Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  86. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih
    Arya Theresia

    BalasHapus
  87. Hello, nama saya Siti Aminah dari Indonesia, sila Saya mencadangkan semua orang di sini perlu berhati-hati, kerana terdapat banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih orang-orang yang sebenar di syarikat pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 4 pemberi pinjaman pinjaman yang berbeza, saya kehilangan wang yang banyak kerana saya mencari pinjaman dari syarikat mereka. Saya hampir mati dalam proses kerana saya telah ditangkap oleh orang kerana berada dalam hutang.

    Saya hampir berputus asa sehingga saya meminta nasihat daripada seorang rakan yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman asal dan sebuah syarikat yang sangat dipercayai iaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya sebanyak 800 juta rupiah Indonesia dalam Kurang daripada 24 jam Tanpa sebarang tekanan dan pada Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%. Saya amat terkejut apabila menyemak akaun bank saya dan mendapati jumlah pinjaman saya diminta telah dipindahkan ke akaun bank saya tanpa apa-apa kelewatan atau kekecewaan jadi saya berjanji bahawa saya akan berkongsi berita baik supaya orang ramai boleh mendapatkan pinjaman mudah tanpa tekanan daripada ibu Alicia Radu

    Saya mahu anda percaya Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati kerana dia sangat berguna dalam hidup saya dan kehidupan kewangan saya. Anda mesti mengira diri anda sangat bertuah kerana mempunyai peluang untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika anda ingin membuat pinjaman bank, hubungi ibu Alicia Radu melalui e-mel: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika anda memerlukan sebarang maklumat mengenai bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari Ibu Alicia Radu, anda sangat hubungi saya dan saya dengan senang hati akan menjawab anda kerana anda juga boleh membantu orang lain selepas anda menerima pinjaman anda

    BalasHapus
  88. Halo,
    Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan para pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan saya pinjaman, saya Saya memerlukan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya bernama Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Bunda Alicia Radu
    jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

    BalasHapus
  89. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus
  90. BERITA BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang pereka fesyen dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang supaya berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka berada di sini. menipu anda dengan wang susah payah anda, saya memohon pinjaman untuk sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta lagi saya tidak mendapat pinjaman dan perniagaan saya kira-kira terhempas kerana hutang.

    Apabila saya mencari syarikat pinjaman swasta yang boleh dipercayai, saya melihat satu lagi iklan dalam talian dan nama syarikat itu adalah SYARIKAT PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan hingga hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya cadangkan.

    Tuhan yang terhormat, kawan-kawan saya yang memohon pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya kepada syarikat yang boleh dipercayai di mana Puan Christabel bekerja sebagai pengurus cawangan, dan saya memohon pinjaman sebesar Rp900,000,000 dan mereka meminta kepercayaan saya, dan selepas itu mereka selesai mengesahkan butiran saya, pinjaman itu telah diluluskan untuk saya dan saya fikir ia hanya satu jenaka, dan mungkin ini salah satu daripada curang yang membuat saya kehilangan wang, tetapi saya terkejut. Apabila saya mendapat pinjaman saya kurang dari 6 jam dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2% tanpa cagaran

    Saya sangat gembira kerana Tuhan menggunakan kawan saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan kerana saya terselamat membuat perniagaan saya melambung tinggi di udara dan dibubarkan dan sekarang perniagaan saya terbang tinggi di Indonesia dan tiada siapa yang akan mengatakannya. tahu mengenai syarikat fesyen.

    Jadi saya cadangkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang memerlukan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui e-mel: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan bercakap tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, anda juga boleh menghubunginya melalui e-melnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah cuba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya hantar terus ke akaun mereka setiap bulan.

    Satu perkataan untuk lelaki bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan yang panjang dan hidup yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan yang baik dalam hidup anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp number +15614916019
    Anda juga boleh kontrak mothe: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nombor WhatsApp +15614916019
     e-mel: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  91. BERITA BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang pereka fesyen dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang supaya berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka berada di sini. menipu anda dengan wang susah payah anda, saya memohon pinjaman untuk sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta lagi saya tidak mendapat pinjaman dan perniagaan saya kira-kira terhempas kerana hutang.

    Apabila saya mencari syarikat pinjaman swasta yang boleh dipercayai, saya melihat satu lagi iklan dalam talian dan nama syarikat itu adalah SYARIKAT PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan hingga hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya cadangkan.

    Tuhan yang terhormat, kawan-kawan saya yang memohon pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya kepada syarikat yang boleh dipercayai di mana Puan Christabel bekerja sebagai pengurus cawangan, dan saya memohon pinjaman sebesar Rp900,000,000 dan mereka meminta kepercayaan saya, dan selepas itu mereka selesai mengesahkan butiran saya, pinjaman itu telah diluluskan untuk saya dan saya fikir ia hanya satu jenaka, dan mungkin ini salah satu daripada curang yang membuat saya kehilangan wang, tetapi saya terkejut. Apabila saya mendapat pinjaman saya kurang dari 6 jam dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2% tanpa cagaran

    Saya sangat gembira kerana Tuhan menggunakan kawan saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan kerana saya terselamat membuat perniagaan saya melambung tinggi di udara dan dibubarkan dan sekarang perniagaan saya terbang tinggi di Indonesia dan tiada siapa yang akan mengatakannya. tahu mengenai syarikat fesyen.

    Jadi saya cadangkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang memerlukan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui e-mel: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan bercakap tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, anda juga boleh menghubunginya melalui e-melnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah cuba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya hantar terus ke akaun mereka setiap bulan.

    Satu perkataan untuk lelaki bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan yang panjang dan hidup yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan yang baik dalam hidup anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp number +15614916019
    Anda juga boleh kontrak mothe: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nombor WhatsApp +15614916019
    E-mel: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  92. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN YANG LUAR BIASA HARI INI?

    Kami telah memberikan pinjaman bisnis kepada lebih dari 15.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil.

    Apakah Anda memerlukan pinjaman asli Online untuk mengamankan tagihan Anda? Mulai bisnis baru? Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi? atau Pinjaman bisnis, Ajukan pinjaman cepat dan mudah untuk memulai pembiayaan baru proyek Anda dengan tingkat bunga termurah 2%. Apakah Anda membutuhkan Pinjaman dalam jumlah berapapun? Apakah bank atau Perusahaan Pinjaman Bayaran menolak Aplikasi Pinjaman Anda karena Skor Kredit Anda Rendah atau Kurangnya Jaminan Keamanan? dan Anda membutuhkan Pinjaman Pribadi atau Bisnis yang mendesak untuk membiayai kembali bisnis Anda, membayar tagihan Anda, menyelesaikan masalah kredit macet Anda, membeli dan memiliki rumah sendiri? dll. HUBUNGI KAMI SEKARANG MELALUI EMAIL: (carmelapedro24@gmail.com)

    PINJAMAN TEXCO adalah platform pinjaman pertama yang memanfaatkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk menentukan harga kredit dan mengotomatiskan proses pinjaman. I Mrs Camila Michael telah menunjukkan kinerja kredit yang kuat dan mempertahankan salah satu peringkat konsumen tertinggi di industri ini menurut tinjauan konsumen terkemuka. Ajukan pinjaman jenis apa pun dan jumlah berapa pun pilihan Anda hari ini dengan menghubungi kami melalui email: (carmelapedro24@gmail.com)

    "Pinjaman Texco" percaya bahwa setiap orang berhak mendapatkan masa depan finansial yang lebih baik jika mereka mengusahakannya. Kami telah membangun pasar dan bersedia membantu orang yang kurang mampu mendapatkan pinjaman yang mereka butuhkan untuk bangkit kembali dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%.

    Kami menawarkan semua jenis pinjaman, Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda.

    CATATAN: Ingatlah bahwa hanya perlu 24 jam untuk memproses file Anda dan 100% Dijamin, apa pun Skor Kredit Anda.

    Dengan hormat,
    Nyonya Carmela Pedro
    PINJAMAN TEXCO LTD
    (carmelapedro24@gmail.com)
    WhatsApp: +1 585-326-2165
    Viber: +1 585-326-2165
    Terima kasih.

    BalasHapus
  93. BERITA BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang pereka fesyen dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang supaya berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka berada di sini. menipu anda dengan wang susah payah anda, saya memohon pinjaman untuk sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta lagi saya tidak mendapat pinjaman dan perniagaan saya kira-kira terhempas kerana hutang.

    Apabila saya mencari syarikat pinjaman swasta yang boleh dipercayai, saya melihat satu lagi iklan dalam talian dan nama syarikat itu adalah SYARIKAT PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan hingga hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya cadangkan.

    Tuhan yang terhormat, kawan-kawan saya yang memohon pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya kepada syarikat yang boleh dipercayai di mana Puan Christabel bekerja sebagai pengurus cawangan, dan saya memohon pinjaman sebesar Rp900,000,000 dan mereka meminta kepercayaan saya, dan selepas itu mereka selesai mengesahkan butiran saya, pinjaman itu telah diluluskan untuk saya dan saya fikir ia hanya satu jenaka, dan mungkin ini salah satu daripada curang yang membuat saya kehilangan wang, tetapi saya terkejut. Apabila saya mendapat pinjaman saya kurang dari 6 jam dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2% tanpa cagaran

    Saya sangat gembira kerana Tuhan menggunakan kawan saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan kerana saya terselamat membuat perniagaan saya melambung tinggi di udara dan dibubarkan dan sekarang perniagaan saya terbang tinggi di Indonesia dan tiada siapa yang akan mengatakannya. tahu mengenai syarikat fesyen.

    Jadi saya cadangkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang memerlukan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui e-mel: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan bercakap tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, anda juga boleh menghubunginya melalui e-melnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah cuba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya hantar terus ke akaun mereka setiap bulan.

    Satu perkataan untuk lelaki bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan yang panjang dan hidup yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan yang baik dalam hidup anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp number +15614916019
    Anda juga boleh kontrak mothe: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nombor WhatsApp +15614916019
    E-mel: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  94. PERUSAHAAN PINJAMAN ALEXANDER GRACE
    ANDA SELAMAT DATANG DI GRACEALEXLOANCOMPANY (GALC)
    Good Day Sir / Madam: Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau tujuan apa pun? Kami adalah pemberi pinjaman bersertifikat, legal dan internasional, kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan Bisnis. Perorangan, perusahaan perusahaan, badan hukum dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%. Ini bisa berupa pinjaman jangka pendek atau jangka panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit macet. Kami akan memproses pinjaman Anda segera setelah kami menerima aplikasi Anda. Kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami menawarkan pinjaman Pendidikan, pinjaman Bisnis, pinjaman rumah, pinjaman pertanian, pinjaman pribadi, pinjaman mobil dengan riwayat kredit baik atau buruk. Jika Anda tertarik dengan penawaran pinjaman kami di atas, Anda disarankan untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali kepada kami untuk lebih jelasnya. Anda dapat menghubungi kami melalui email ini gracealexanderloancompany@gmail.com kami akan merespons Anda segera setelah kami menerima rincian aplikasi pinjaman Anda di bawah ini.

    1) Nama lengkap:
    2) Tanggal lahir:
    3) Jenis Kelamin:
    4) Status perkawinan:
    5) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    6) Durasi Pinjaman:
    7) Negara:
    8) Negara:
    9) Alamat:
    10) Telepon:
    11) Penghasilan bulanan:
    12) Pekerjaan:
    13) Agama:
    14) Nama Facebook:
    15) Sudahkah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? Jika ya sebutkan nama perusahaan
    Kontak
    gracealexanderloancompany@gmail.com untuk perhatian segera.
    Buka 24 jam dalam 7 hari seminggu.

    BalasHapus
  95. PINJAMAN THERESA

    Kami saat ini memberikan pinjaman kepada orang-orang Asia Tengah yang bertaruh bahwa dunia Amerika liar

    negara dll @ 2% Suku Bunga tanpa PENGENDALIAN KREDIT dari USD5000, hingga miliaran dolar selama 12-144 Bulan.

    Remunerasi Pinjaman kami dimulai dalam 3 bulan setelah penerima menerima pinjaman pada hari persetujuan dan kami menawarkan variasi

    pinjaman, termasuk:
    * Konsolidasi hutang
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Pribadi
    * Kredit Pemilikan Rumah
    * Kredit Pembiayaan Mobil

    ✔. Daftar hitam bisa berlaku

    ✔. TANPA CHECK KREDIT

    ✔. Tinjauan hutang atau perintah pengadilan mungkin berlaku

    ✔.ETC dapat diterapkan.
    Pinjaman Tunai Theresa Perusahaan ini adalah a

    film pinjaman terdaftar dan resmi dan kami menawarkan pinjaman kepada semua warga yang masuk daftar hitam, TANPA PERIKSA KREDIT.

    Ajukan sekarang dengan nomor ponsel Anda, nomor ID, nama lengkap, jumlah pinjaman dan periode pinjaman ke Email

    : Theresaloancompany@gmail.com nomor kantor ++ 12817208403

    Untuk kejelasan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami atau WhatsApp (+12817208403).

    Salam,

    Theresa

    Pengiklan Pinjaman (Pr),

    Pinjaman theresa 📩

    BalasHapus
  96. PINJAMAN THERESA

    Kami saat ini memberikan pinjaman kepada orang-orang Asia Tengah yang bertaruh bahwa dunia Amerika liar

    negara dll @ 2% Suku Bunga tanpa PENGENDALIAN KREDIT dari USD5000, hingga miliaran dolar selama 12-144 Bulan.

    Remunerasi Pinjaman kami dimulai dalam 3 bulan setelah penerima menerima pinjaman pada hari persetujuan dan kami menawarkan variasi

    pinjaman, termasuk:
    * Konsolidasi hutang
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Pribadi
    * Kredit Pemilikan Rumah
    * Kredit Pembiayaan Mobil

    ✔. Daftar hitam bisa berlaku

    ✔. TANPA CHECK KREDIT

    ✔. Tinjauan hutang atau perintah pengadilan mungkin berlaku

    ✔.ETC dapat diterapkan.
    Pinjaman Tunai Theresa Perusahaan ini adalah a

    film pinjaman terdaftar dan resmi dan kami menawarkan pinjaman kepada semua warga yang masuk daftar hitam, TANPA PERIKSA KREDIT.

    Ajukan sekarang dengan nomor ponsel Anda, nomor ID, nama lengkap, jumlah pinjaman dan periode pinjaman ke Email

    : Theresaloancompany@gmail.com nomor kantor ++ 12817208403

    Untuk kejelasan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami atau WhatsApp (+12817208403).

    Salam,

    Theresa

    Pengiklan Pinjaman (Pr),

    Pinjaman theresa 📩

    BalasHapus
  97. Selamat siang mba...saya minat sekali nerusin kuliah di prancis...sekarang saya sudah tamat high school & B2 ..tinggal nunggu ujian DELF bulan November...Sekarang saya sedang ngumpulin dokumen2 yang diperlukan...masih bingung...
    1. Dokumen apa saja yang harus ditranslate ke bahasa prancis (dan dimana di jakarta resmi terdaftar sebagai translator) serta ke mana saja dokument tersebut di legalisir.
    2. Apakah dokumen yg akan dilagilisr harus ditranslate terlebih dahulu ke bahasa prancis? Atau di legalisir terlebih dahulu ke instansi terkait baru di terjemahkan

    Atas bantuannya saya ucapkan termakasih mba....

    Salam,
    Dina

    BalasHapus
  98. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  99. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rahmat untuk melakukan dalam hidup saya. Nama saya adalah kemala cahyono dari kota bekasi di Indonesia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan pesawat dan sejak itu kehidupan telah sengsara.

    Sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih.

    Pada hari yang didedikasikan ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Rahma bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Grace dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pemberi pinjaman, Grace dan seberapa benar pinjaman itu dari Grace's ibu dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ms. Grace dan setelah mengajukan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam.

    Saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan memberikan kesaksian kepada orang lain tentang rahmat ibu perusahaan pinjaman, jadi saya ingin untuk menggunakan media ini untuk memberikan saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: cahyonokemala@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Rahma Henny via email: rahmahenny45@gmail.com
    Nyonya Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com
    CEO Tel.: +1(407)792-5682
    WhatsApp: +1(407)792-5682

    BalasHapus
  100. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  101. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rahmat untuk melakukan dalam hidup saya. Nama saya adalah kemala cahyono dari kota bekasi di Indonesia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan pesawat dan sejak itu kehidupan telah sengsara.

    Sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih.

    Pada hari yang didedikasikan ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Rahma bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Grace dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pemberi pinjaman, Grace dan seberapa benar pinjaman itu dari Grace's ibu dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ms. Grace dan setelah mengajukan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam.

    Saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan memberikan kesaksian kepada orang lain tentang rahmat ibu perusahaan pinjaman, jadi saya ingin untuk menggunakan media ini untuk memberikan saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: cahyonokemala@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Rahma Henny via email: rahmahenny45@gmail.com
    Nyonya Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com
    CEO Tel.: +1(407)792-5682
    WhatsApp: +1(407)792-5682

    BalasHapus
  102. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  103. HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari kota Surabaya di Indonesia Saya sudah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis
    yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya apa pun sebagai imbalan,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com
    ) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,
    Dan hidup Anda akan berubah seperti saya, Jadi, hubungi fas (mariaalexander818@gmail.com) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.

    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
    WHATSAPP: +1 (651) 243-8090

    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  104. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  105. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  106. HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari kota Surabaya di Indonesia. Saya sudah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis.
    yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya apa pun sebagai imbalan,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com
    ) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com
    ) mereka tidak akan pernah gagal,
    Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya alami, Jadi segera hubungi (mariaalexander818@gmail.com
    ) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.


    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
    WHATSAPP: +1 (651) 243-8090


    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  107. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih bisa menghubungi yang baik
    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
    ibu, What'sApp Number +15614916019
    Facebook christabelmissancompany@gmail.com

    BalasHapus
  108. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih bisa menghubungi yang baik
    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
    ibu, What'sApp Number +15614916019
    Facebook christabelmissancompany@gmail.com

    BalasHapus
  109. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih bisa menghubungi yang baik
    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
    ibu, What'sApp Number +15614916019
    Facebook christabelmissancompany@gmail.com

    BalasHapus
  110. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih bisa menghubungi yang baik
    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
    ibu, What'sApp Number +15614916019
    Facebook christabelmissancompany@gmail.com

    BalasHapus
  111. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Liliyana. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka iseng, karena mereka kemudian akan bertanya pembayaran biaya lisensi atau biaya registrasi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan perusahaan pinjaman palsu mereka.

    Beberapa minggu yang lalu saya tegang secara finansial dan berkecil hati, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Christabel Missan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar USD 100.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%,

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirim dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: christabelloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan ia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda patuh.
    Anda juga dapat menghubungi nomor whatsApp ibu +15614916019

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: liliyanabasuki@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbicara tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel Missan, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: permatabudiwati@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi Dian Pelangi yang memperkenalkan kami ke lianmeylad@gmail.com, yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulannya

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak dari Indonesia dan Malaysia
    Email: christabelloancompany@gmail.com
    Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi nomor whatsApp ibu +15614916019
    Panggilan telepon +15614916019

    BalasHapus
  112. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  113. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  114. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  115. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  116. Halo, saya Ryan Ceanic, pemberi pinjaman yang memberikan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menghapus hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami membantu orang dalam kesulitan keuangan yang telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? tidak perlu mencari lagi karena kami ada di sini untuk menjadikan semua masalah keuangan Anda sebagai masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tingkat bunga 1%. kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan penerima. Untuk aplikasi dan informasi lebih lanjut, kirim balasan ke yang berikut ini
    Alamat email: infoceanicloanfirm.uk@gmail.com
    Whatsapp +2348135312061

    BalasHapus
  117. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  118. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Allah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Agustus 2017, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
    Nama saya Haerul, seorang Muslim dalam agama dan saya berasal dari kota Bandung Indonesia
    Saya seorang pemasar dan juga penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (haerulh160@gmail.com). Saya ingin menggunakan platform ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia tentang apa yang telah dilakukan oleh perusahaan pinjaman Ny. Olivia Daniel kepada saya. Platform ini untuk memberi tahu mereka yang membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Seperti yang dapat Anda lihat di foto profil saya, saya memiliki hutang besar dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang saya dan saya menghubungi perusahaan pinjaman dari syngapore yang pada bulan Maret 2017, dan saya ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta saya untuk Membayar banyak biaya, saya membayar dan pada akhirnya saya tidak mendapatkan pinjaman, saya kehilangan sekitar 20 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena saya mengajukan pinjaman 900 juta dan dengan semua biaya yang saya bayar saya tidak mendapatkan pinjaman dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan saya bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Allah sangat baik, saya berdoa dan bahwa Allah mengarahkan saya ke seorang pelayan dan saya browsing internet ketika saya menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yuli melalui email: (yuliy3531@gmail.com)
    Siapa dari Jakarta Selatan di Indonesia, bagaimana Allah mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman dan dia meminta saya untuk menghubungi email ibu Olivia Daniel: (oliviadaniel93@gmail.com) dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Olivia Daniel dan dia memberi saya keberanian dan Saya mengajukan pinjaman dari ibu Olivia Daniel dan saya menerima pinjaman yang saya cari selama ini dan Allah akan terus memberkati Yuli karena telah memperkenalkan saya

    BalasHapus
  119. Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik
    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda
    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  120. Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik
    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda
    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  121. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  122. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    Email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  123. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    Email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  124. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    Email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  125. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    Email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  126. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  127. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  128. HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari kota Surabaya di Indonesia. Saya sudah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis.yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya apa pun sebagai imbalan,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,
    Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya alami, Jadi segera hubungi (mariaalexander818@gmail.com) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.

    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
    WHATSAPP: +1 (651) 243-8090

    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  129. HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari kota Surabaya di Indonesia. Saya sudah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis.yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya apa pun sebagai imbalan,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,
    Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya alami, Jadi segera hubungi (mariaalexander818@gmail.com) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.

    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
    WHATSAPP: +1 (651) 243-8090

    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  130. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih bisa menghubungi yang baik
    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
    ibu, What'sApp Number +15614916019
    Facebook christabelmissancompany@gmail.com

    BalasHapus
  131. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih bisa menghubungi yang baik
    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
    ibu, What'sApp Number +15614916019
    Facebook christabelmissancompany@gmail.com

    BalasHapus
  132. Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana pemberi pinjaman yang baik Anthony Yuliana Lenders membantu saya dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, nama saya Aida Ninin dari Indonesia, saya sudah menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menjanjikan saya pinjaman tetapi saya kecewa, saya telah kehilangan Rp 20.000.000 juta ketika saya melamar Rp 800.000.000.000 saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini, saya bertemu seorang teman yang bernama Jerry Andi dia memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang baik, Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan jumlah persis yang saya lamar, saya dapat jumlah pinjaman sebesar Rp 800.000.000 juta dari Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer saya dan saya sangat senang, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk bersyukur kepada Allah, semoga Allah terus memberkati Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman saya juga akan ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi nasihat kepada sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 1%, cukup daftarkan ibu yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com) whatsapp saja +1 (323) 4026088 PIN BBM (E37F9BCC) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email, (aidaninin12@gmail.com)

    BalasHapus
  133. Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana pemberi pinjaman yang baik Anthony Yuliana Lenders membantu saya dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, nama saya Aida Ninin dari Indonesia, saya sudah menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menjanjikan saya pinjaman tetapi saya kecewa, saya telah kehilangan Rp 20.000.000 juta ketika saya melamar Rp 800.000.000.000 saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini, saya bertemu seorang teman yang bernama Jerry Andi dia memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang baik, Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan jumlah persis yang saya lamar, saya dapat jumlah pinjaman sebesar Rp 800.000.000 juta dari Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer saya dan saya sangat senang, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk bersyukur kepada Allah, semoga Allah terus memberkati Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman saya juga akan ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi nasihat kepada sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 1%, cukup daftarkan ibu yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com) whatsapp saja +1 (323) 4026088 PIN BBM (E37F9BCC) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email, (aidaninin12@gmail.com)

    BalasHapus
  134. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus